8 Manfaat Madu Untuk Kesehatan Kulit

Photo by Dana Tentis from Pexels

Madu tidak diragukan lagi manfaatnya bagi kesehatan tubuh.  Selain sebagai antioksidan dan antibakteri alami, madu juga memiliki manfaar untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, menyembuhkan luka, menyembuhkan batuk dan pilek serta beragam manfaat lainnya. 

Madu memiliki banyak manfaat karena di dalam madu terkandung beberapa mineral dan vitamin seperti asam amino, natrium, vitamin A dan D, zat besi, kalsium dan zinc.

Tapi, manfaat madu tidak terbatas pada hal-hal yang telah disebutkan tadi.  Makanan yang disebutkan Allah dalam Al-Qur'an surat An-Nahl ayat 69 ini juga memiliki manfaat bagi kesehatan kulit.  Bahkan banyak produk kecantikan yang telah menfaatkan khasiat madu ini seperti pelembab, kosmetik dan sabun.

Berikut manfaat madu untuk kesehatan kulit.

1. Eksfoliasi kulit

Madu dapat bermanfaat untuk eksfoliasi kulit.  Tidak semua eksfoliator memiliki tekstur yang kasar, karena ternyata madu yang lembut pun memiliki manfaat sebagai eksfoliator yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati di wajah.  Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan enzim di dalam madu.

Untuk melakukannya kamu harus mencampurkan madu dan oat dan dijadikan sebagai masker wajah.  Campuran masker dari madu dan oat ini cocok bagi yang memiliki kulit kering karena akan melembutkan kulit.  Sedangkan untuk kulit berminyak, bisa mencampurkan madu dengan tepung gram untuk dijadikan masker wajah.

2. Merawat kelembutan kulit

Madu memiliki sifat emolien yang menjadikannya sebagai pelembap yang bagus untuk kulit.  Madu mengunci kelembaban di kulit dan membuatnya lembut serta terhidrasi.

Anda bisa mengoleskan madu mentah ke seluruh bagian muka untuk dijadikan masker sehingga dapat membantu menghidrasi atau melembabkan kulit, wajahmu pun akan menjadi bercahaya dan lebih lembut. 

3. Menjaga kerusakan kulit akibat radikal bebas

Paparan radikal bebas dapat mengakibatkan rusaknya kulit.  Kandungan antioksidan yang sangat tinggi dalam madu dapat menhindarkan kerusakan kulit akibat radikal bebas dan juga dapat menghidrasi kulit.  Untuk melakukannya, oleskan madu alami ke wajah seperti masker maka kulit akan terasa lebih lembut dan terawat.

4. Menghilangkan jerawat

Madu ternyata juga dapat berfungsi sebagai obat jerawat.  Hal ini karena madu mengandung zat anti radang dan antibakteri yang bisa meredakan peradangan dan pembengkakan pada jerawat.  Sebagai obat jerawat campurkan madu dengan bubuk kunyit dan jadikan sebagai masker wajah.  Lakukan rutin sebelum tidur untuk hasil yang maksimal.

5. Mencerahkan kulit

Madu memiliki kandungan vitamin E serta antibakteri yang dapat membantu mengatasi dan menenangkan peradangan, melindungi kulit dari kuman sehingga kulit menjadi cerah, lembab dan bernutrisi.

Anda dapat mencapurkan madu dengan bahan alami lainnya seperti lemon dan yoghurt.  Campurk satu sendok makan yoghurt segar dan satu setengah sendok makan madu. Lalu oleskan ke seluruh wajah dan diamkan selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air hangat.

6. Mencegah penuaan dini

Masker madu pun bisa dipakai menjadi bahan alami untuk mengangkat semua sel kulit mati dan membantu membuat sel kulit baru yang jauh lebih sehat daripada sebelumnya. Dengan begitu, Anda dapat terhindar dari timbulnya tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput dan garis halus.  Hal ini karena madu mengandung berbagai antioksidan alami seperti polifenol dan flavonoid yang membantu kulit mengatasi kerusakan pada kolagen yang dapat mengurangi tanda-tanda penuaan yang ada.

Madu juga kaya akan nutrisi, probiotik dan enzim. Kandungan-kandungan tersebut membantu meregenerasi dan melembabkan kulit, serta mencegah kerusakan akibat radikal bebas.

7. Menurunkan resiko kanker kulit

Terdapat sejumlah penelitian yang mengungkapkan jika madu pun memiliki sifat antikanker. Tidak hanya itu, antioksidan yang terkandung di dalamnya pun bisa mencegah tumbuhnya sel yang bisa mengakibatkan kanker kulit. 

8. Memudarkan bekas luka

Masker madu juga berkhasiat untuk memudarkan bekas luka di kulit. Masker madu pun digadang-gadang bisa mendukung proses sembuhnya luka bakar, seperti luka karena terpapar cahaya matahari yang berlebihan.

Tentunya manfaat yang satu ini akan sangat berguna bagi yang ingin menghilangkan bekas luka bakar karena sengatan sinar matahari dengan lebih cepat. Sebab hanya perlu mengoleskannya saja pada area yang terluka. 

Itulah beberapa manfaat dan khasiat madu bagi kesehatan kulit.  Namun perlu diingat, hal penting untuk memperoleh khasiat-khasiat tersebut yang diperlukan adalah madu murni yang belum dipasteurisasi, seperti Madu Arwa yang kandungannya 100% madu murni.  

Dirangkum dari berbagai sumber.



Postingan Populer