Madu Murni, Apa Itu?

Photo by Pixabay

Madu sudah banyak diketahui orang memiliki banyak manfaat.  Bukan hanya rasanya yang enak, banyak orang juga menggunakan madu sebagai pemanis pengganti gula.  Madu bisa dicampur dengan susu, salah satu bahan pembuat kue dan makanan lainnya, atau hanya sekedar sebagai olesan roti dan olesan makanan lainnya.

Saat ini orang banyak mengenal ada 2 jenis madu, yaitu madu murni dan madu olahan.  Lalu apa maksud dari madu murni dan madu olahan?

Madu murni berarti madu asli tanpa campuran, tanpa proses penyaringan, dan tanpa tambahan pemanis serta langsung berasal dari sari bunga atau nektar yang dibawa oleh lebah sehingga kandungan gizi yang ada dalam madu tersebut masih sangat terjaga.

Sedangkan madu olahan adalah madu yang telah mengalami banyak pemrosesan, mulai dari pemanasan, proses penyaringan serta penambahan pemanis.  Banyaknya proses ini membuat kandungan gizi pada madu olahan sudah jauh berkurang.  Madu olahan inilah yang saat ini banyak beredar di pasaran.

Kandungan gizi dalam madu murni yang paling tinggi adalah mineral, vitamin c dan kalsium.  Karena kandungan gizi pada madu murni masih sangat terjaga , kemudian juga karena madu murni tidak banyak dijual di pasaran membuat harganya memang di atas harga madu olahan.  Tetapi tentu saja nilai manfaatnya pun berada di atas madu olahan.

Bukan hanya kandungan gizinya dan nilai manfaatnya yang masih sangat terjaga, madu murni juga tidak memiliki masa kadaluarsa. 

Madu murni tidak memiliki masa kadaluarsa dan memiliki masa simpan yang lama karena merupakan bentuk gula.  Dan kita semua tahu bahwa gula juga memiliki masa simpan yang sangat panjang.  Tetapi perbedaannya dengan gula pasir, gula di dalam madu murni memiliki sifat higroskopis, yang berarti kadar airnya tak banyak.

Kelembapan yang sangat minim ini membuat bakteri dan mikroorganisme penyebab busuknya makanan tak dapat berkembang biak pada lingkungan yang kering.

Oleh karena itu walaupun harganya cukup tinggi tetapi madu murni memiliki keunggulan lebih dibandingkan dengan madu olahan.  

Untuk lebih jelasnya bagaimana perbandingan antara madu murni dan madu olahan dapat dilihat di LINK INI



Postingan Populer