Tips Cara Menyimpan Madu Murni

Photo by Adonyi Gábor from Pexels

Dalam artikel sebelumnya dijelaskan bahwa madu murni adalah salah satu makanan yang memiliki masa kadaluarsa yang lama.  Bahkan madu murni dapat bertahan hingga ribuan tahun lamanya.  Tapi tentu saja agar madu murni bisa bertahan lama tidak bisa dengan cara sembarangan untuk menyimpannya.

Agar madu murni dapat bertahan lama ada cara khusus untuk menyimpannya.  Berikut beberapa tips menyimpan madu murni agar bertahan lama.

1. Simpan madu dalam suhu ruang

Ada beberapa orang yang khawatir madunya akan cepat basi atau rusak jika dibiarkan disimpan begitu saja di atas meja atau dalam lemari misalnya, atau khawatir madunya dikerubungi semut sehingga dia lebih memilih untuk menyimpan madunya dalam kulkas.  Sebetulnya ini adalah pilihan yang keliru untuk menyimpan madu murni.  Jika madu disimpan dalam kulkas maka madu akan lebih cepat mengkristal sehingga malah akan lebih sulit dikonsumsi.  Cukup simpan madu murni di suhu ruang sebagai tempat terbaik untuk menyimpan madu.

2. Hindari kontak langsung dari sinar matahari

Membiarkan madu murni terkena langsung sinar matahari terutama ketika sinar matahari dalam keadaan teriknya akan membuat madu murni menghitam dan nutrisinya berkurang.  Jadi ketika menyimpan madu pastikan madu murni Anda tidak terkena sinar matahari langsung.

3. Simpan madu dalam wadah kaca atau plastik

Cara terbaik untuk menyimpan madu murni adalah dengan menggunakan botol kaca atau plastik lalu kemudian tutup rapat.  Dengan demikian madu akan terhindar dari debu atau partikel lain sehingga akan menjadi lebih awet.  Oleh karena itu untuk menjaga madu agar bersih dari paparan debu dan partikel lain Madu Arwa 100% Madu Murni menggunakan botol berbahan plastik sebagai media penyimpanannya yang kemudian ditutup rapat.

4. Tidak memakai wadah berbahan logam.

Kita semua tahu bahwa logam rentan berkarat.  Oleh karena itu menyimpan madu dalam wadah berbahan logam beresiko membuat nutrisi madu menjadi rusak.  Wadah logam yang berkarat juga dapat membuat madu berubah warna karena tercampur logam yang berkarat yang pada akhirnya malah dapat membuat madu mengandung racun.

5. Jangan simpan madu di dekat api atau kompor.

Sama seperti pada point no.2.  Panas dapat membuat madu murni Anda berubah warna menjadi hitam sehingga nutrisi madu pun berkurang dan manfaatnya hilang.

6. Simpan di tempat kering

Pastikan madu murni Anda disimpan di tempat yang kering untuk menjaga kualitas madu agar lebih awet dan tahan lama.

7. Simpan di wadah kering

Jika karena suatu sebab Anda terpaksa memindahkan madu murni Anda ke wadah lain, pastikan wadah tersebut tidak terbuat dari logam dan pastikan pula wadah tersebut bersih dan kering untuk menghindarkan madu dari kotoran dan lembab karena air atau uap air yang secara tidak sengaja masih terdapat pada wadah barunya.

8. Gunakan sendok kayu untuk mengambil madu

Untuk menghindari berkurangnya nutrisi madu maka sebaiknya ambil madu menggunakan sendok kayu ketimbang sendok logam.

9. Tutup rapat wadah tempat menyimpan madu

Jika Anda selesai mengambil madu pastikan Anda telah menutup rapat botolnya untuk menghindarkan madu dari debu dan kotoran lainnya sehingga madu murni Anda dapat tetap terjaga kualitasnya.

Demikian beberapa tips cara menyimpan madu murni.  Perlu diingat, madu murni yang disimpan dalam wadah yang telah terbuka akan memiliki daya tahan yang berbeda dengan madu murni yang disimpan dalam wadah yang masih tertutup rapat dan tersegel dengan baik.



Postingan Populer