Manfaat Sehat Mengkonsumsi Madu Murni Dicampur Air Hangat


Photo by Valeria Boltneva from Pexels

Madu, si manis yang sangat banyak manfaatnya.  Tapi ternyata, manfaat madu akan lebih optimal bagi kita jika kita meminum madu sesuai dengan yang disarankan.

Dalam salah satu riwayat diberitakan bahwa Nabi selalu minum madu dicampur dengan air.

"Nabi senantiasa meminum madu dicampur air sebelum minum dan makan apapun, di dalamnya ada rahasia yang sangat menakjubkan dalam menjaga kesehatan, yang tidak akan dipahami kecuali orang cerdas lagi baik". (Zaadul Ma'ad 4/35).

Dan manfaat madu akan tercapai lebih optimal lagi jika campuran air yang digunakan adalah air hangat.

Berikut adalah manfaat minum madu murni dicampur air hangat.

1. Memperbaiki pencernaan

Enzim dalam madu meningkatkan fungsi hati dan berkontribusi untuk mencerna makanan dengan lebih baik.

2. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Antibakteri dalam madu dapat membunuh mikroorganismeyang telah memasuki tubuh atau resisten terhadap antibiotik konvensional

3. Menambah energi

Gula dan madu adalah sumber kalori yang sehat dan meningkatkan kinerja mental dan fisik

4. Mencegah infeksi saluran kemih

Sifat diuretik dan antibakteri dari air hangat dan madu dapat membersihkan saluran kemihdan mengurangi resiko infeksi seperti sistitis.

5. Membantu menurunkan berat badan 

Madu mengandung gula alami yang menyediakan sumber energi yang sehat sehingga dapat mengurangi menginginkan makanan secara berlebihan dan meningkatkan pengeluaran kalori

6. Mengurangi alergi

Konsumsi madu organik mengurangi sensivitas terhadap serbuk sari dan partikel lingkungan lainnya yang memicu respon sistem kekebalan

7. Mengontrol kolesterol

Mereka yang minum air seduhan ini sekali sehari dapat mengurangi kolesterol hingga 10% dalam waktu 2 jam.  Ini mengurangi resiko masalah sirkulasi jangka panjang dan penyakit kardiovaskular.

Jadi, jika Anda ingin mendapatkan manfaat optimal dari madu terutama madu murni seperti Madu Arwa yang merupakan 100% madu murni alami, sebaiknya Anda mengkonsumsi madu dicampur air hangat.


Dirangkum dari berbagai sumber.



Postingan Populer