Keistimewaan Madu

Photo by Abdulrhman Alkady from Pexels

Keistimewaan Madu.  Siapa sih yang tidak tahu madu.  Semua orang pasti tahu madu, walaupun dia sebetulnya tidak suka madu, tapi pasti tahu madu.

Jenis minuman kaya manfaat ini sangat mudah ditemui di apotek-apotek atau toko obat.  Semua orang juga tahu bahwa madu memiliki khasiat untuk menjaga stamina tubuh.

Tapi keistimewaan madu ternyata bukan cuma itu.  Berikut beberapa keistimewaan madu.

Madu berasal dari lebah.  Lebah adalah salah satu binatang yang namanya diabadikan dalam Al-Qur'an bahkan menjadi nama salah satu surat yaitu An-Nahl.

Lebah sendiri adalah binatang dengan karakteristik baik dan sangat bermanfaat bagi alam.  Tanpa lebah tidak akan ada penyebaran sari bunga.  Tanpa penyebaran sari bunga maka tidak akan ada sebaran tumbuhan di muka bumi ini.  Dan tanpa tumbuhan tentunya bumi ini akan menjadi tandus dan kering.

Semua orang setuju bahwa rasa madu itu manis.  Walaupun demikian, manisnya rasa madu ternyata tidak menyebabkan batuk, selama itu adalah madu murni tanpa tambahan pemanis lainnya.  Oleh karena itu orang yang sedang batuk pun bisa mengkonsumsi madu sebagai sarana penyembuhan, asalkan madunya adalah madu murni yang tidak ada tambahan pemanis lagi.

Banyak orang beranggapan bahwa madu itu cuma satu jenis.  Tapi ternyata tidak.  Lebah yang mencari makan sendiri, bukan yang diberi pakan. akan menghasilkan madu sesuai dengan jenis tumbuhan yang dia ambil nektarnya.  Lebah akan mengambil nektar tumbuhan yang ada di sekitarnya.  Jika di sekitarnya adalah tumbuhan akasia, maka madu yang dihasilkannya pun bercita rasa akasia.  Jika lebah mengambil nektar pohon kopi yang tumbuh di sekitar sarangnya, maka madu yang dihasilkannya pun akan sedikit bercita rasa kopi.  Demikin juga jika di sekitar sarang lebah dipenuhi pohon rambutan, maka kekhasan rambutan pun akan turut mempengaruhi madu yang dihasilkan lebah.   dan istimewanya lagi, nektar apapun yang diambil lebah, tidak akan mengurangi khasiat madu.

Keistimewaan lain adalah madu sebagai media pengobatan.  Bukan hanya sebagai penjaga kekebalan tubuh dan stamina, madu juga memiliki khasiat untuk mengobati berbagai penyakit seperti batuk, radang tenggorokan, lambung, meredakan demam dan masih banyak lagi.  Bahkan madu pun diakui sebagai antibiotik alami bagi tubuh.

Madu sebagai media pengobatan ini bukan hanya sekedar anggapan manusia belaka.  Tapi madu sebagai media pengobatan ini ternyata disampaikan langsung melalui firman Allah dalam surat An-Nahl ayat 69 yang artinya "Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan."

Madu ternyata adalah minuman yang sangat disukai Nabi Muhamad. Bahkan Rasulullah sendiri selalu mengandalkan madu untuk menjaga kesehatannya.  Rasulullah juga menyebutkan bahwa madu adalah obat dari segala macam penyakit, seperti yang disampaikan hadis berikut: "Madu adalah penyembuh bagi segala macam penyakit dan Al-Qur'an adalah penyembuh apa yang ada di dalam dada.  Maka bagi kalian, ada dua penyembuhan, yaitu Al-Qur'an dan madu." (HR. Ibnu Majah, 3452 dari hadits Ibnu Mas'ud).

Dengan bermacam keistimewaan madu tersebut, maka akan sangat layak jika madu merupakan pilihan pertama keluarga kita untuk menjaga kekebalan tubuh dan kesehatan.  Tapi tentunya madu yang harus menjadi pilihan kita seharusnya adalah madu murni, karena madu murni memiliki kelebihan dibanding madu biasa yang mengalami banyak pengolahan.

Jika Anda ingin mencoba mengkonsumsi madu yang 100% madu murni, Anda dapat memperolehnya di Potidu.  Potidu menyediakan bermacam ragam jenis madu dengan beragam ukuran dan harga yang ramah di kantong.  Anda pun tidak perlu khawatir karena memesan madu dari Potidu bisa dengan sistem COD, Anda bisa membayarnya setelah Anda menerima madunya.  Potidu pun dapat mengirim madu ke seluruh wilayah Indonesia.

Jangan ragu lagi, untuk menjaga kesehatan keluarga berikan yang 100% madu murni.


 

Postingan Populer