Bisnis Setelah Pandemi Covid-19



Pandemi COVID-19 yang melanda dunia memberikan dampak negatif terutama bagi perekonomian global. Lesunya laju perekonomian akibat kebijakan pembatasan sosial demi memutus rantai penyebaran COVID-19 membuat banyak orang  kehilangan pekerjaan sehingga tak punya pendapatan. Walaupun demikian, suatu saat pandemi pasti akan berakhir, dan semua akan bangkit kembali.  Berusaha untuk melawan  kemiskinan, sebagian dari mereka memutuskan untuk Bisnis setelah Pandemi Covid-19.

Tapi, adakah jenis usaha yang bisa berkembang dengan baik setelah pandemi COVID-19? Kami memiliki beberapa rekomendasi jenis Bisnis Setelah Pandemi Covid-19.

5 Jenis Usaha yang Dapat Dilakukan Setelah Pandemi COVID-19

Berwirausaha ditengah dan setelah pandemi covid-19 tentu memiliki resiko dan tantangan yang lebih besar daripada di momen biasa. Agar usaha Anda mendulang kesuksesan, berikut 4 jenis usaha yang dapat dilakukan saat ini.

  1. Usaha Kaos

Pakaian merupakan kebutuhan pokok dan kaos menjadi salah satu jenis pakaian yang paling sering dibeli. Apalagi, sejak ada pembatasan sosial selama masa pandemi, sebagian besar masyarakat jadi lebih banyak beraktivitas di rumah. Kaos sudah pasti jenis pakaian ternyaman untuk digunakan di rumah.

Potensi usaha kaos masih terbilang bagus meskipun tak luput dari dampak dan resikonya. Jadi, jika Anda tertarik untuk membuka usaha kaos, tak perlu ragu. Anda tetap bisa berjualan kaos anak-anak maupun dewasa secara online.

  1. Usaha Catering Sehat

Catering sehat bisa jadi pilihan jenis usaha yang dilakukan setelah pandemi COVID-19. Sebab, tidak semua orang bisa memasak untuk dirinya sendiri dan daripada kesehatan menurun karena mengkonsumsi junk food, banyak orang kemudiam memutuskan untuk delivery catering sehat setiap hari.

Potensi bisnis ini sangat besar apalagi jika Anda jago masak dan memiliki standar menu sehat yang beragam dan disukai oleh banyak orang. Mulailah usaha catering sehat dengan mendistribusikan makanan sehat Anda ke orang sekitar, seperti keluarga dan tetangga. Bila mendapatkan respon positif, tawarkan catering sehat Anda pada jaringan marketing yang lebih luas.

  1. Usaha Minuman dan Makanan

Walaupun pandemi  COVID-19 terlihat akan segera berakhir, tetapi kebijakan untuk tetap belajar dan bekerja dari rumah masih terus dijalankan di beberapa lokaksi di tanah air. Stok bahan makanan pun jadi perhatian utama, terutama bagi ibu rumah tangga. Kalau sudah begini biasanya kebutuhan stok makanan dipesan secara online.

Ini merupakan peluang untuk memulai usaha makanan, seperti menjual makanan olahan secara online. Jenis makanan olahan yang dapat dijual sangat beragam, mulai dari lauk siap saji, minuman, snack kering, hingga frozen food.

        4. Rempah Tradisional

Jenis usaha terakhir yang memiliki market besar walaupun pandemi usia adalah penjualan rempah tradisional dan suplemen alami. Berkaca dari pentingnya menjaga stamina dan kesehatan tubuh dari kejadian pandemi covid-19 banyak rakyat Indonesia yang semakin menggemari minuman tradisional dan alami untuk menjaga kesehatan.  Suplemen alami diyakini dapat menjaga sistem imun tubuh sehingga tidak mudah sakit. Peluang usaha ini sangat bagus dan patut untuk Anda coba. Anda bisa mencoba berjualan suplemen alami seperti madu atau habatussauda.

Dari empat jenis usaha yang dilakukan saat pandemi covid-19 di atas, mana yang menurut Anda paling menguntungkan? 

Postingan Populer